Informasikan kabar baik ini kepada mereka yang lebih membutuhkan, klik dibawah ini

√ Cara Mengatasi Badan Pegal Paling Alami

Bagi orang-orang yang memang pekerjaannya mengharuskan kerja fisik, maka tak heran kalau hampir setiap hari bisa saja merasakan atau mengalami yang namanya badan pegal-pegal. Bahkan seorang ibu rumah tangga yang pekerjaannya hanya di rumah pun bisa mengalami hal ini karena sibuk dengan kewajibannya. Kondisi ini terlihat sepele, tapi juga perlu diatasi secepatnya.

Pegal-pegal itu biasanya mengenai bagian sendi dan akan terasa tak nyaman saat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Contoh bagian-bagian tubuh yang kerap pegal adalah bahu, pergelangan kaki, pergelangan tangan, pinggang, kaki, punggung, leher dan juga siku.

√ Cara Mengatasi Badan Pegal Paling Alami


Untuk itu, penting untuk menyimak cara mengatasi badan pegal seperti di bawah ini.

1. Meregangkan Otot

Ketika tubuh terasa pegal-pegal, apapun penyebabnya, cobalah untuk melakukan peregangan otot karena rasa pegal bisa terjadi akibat kakunya sendi dan otot. Dalam meregangkan otot, Anda bisa mencoba untuk berdiri, berjalan-jalan sejenak dan mencari cahaya matahari. Peregangan bisa dilakukan selama sekitar 5-10 menit agar otot badan bisa lebih nyaman.

2. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih yang banyak per harinya bukan hanya sekadar akan menjauhkan Anda dari bahaya dehidrasi, tapi juga mampu membuat otot senantiasa berfungsi secara normal. Ketika aktivitas Anda terlalu banyak terkadang tak disadari cairan banyak yang hilang dan untuk menggantikannya, Anda perlu mengonsumsi 2-3 liter air putih dalam sehari.

3. Cukup Istirahat

Kebanyakan orang yang merasakan pegal di badannya adalah mereka yang suka bekerja begadang dan terlalu banyak melakukan lembur. Jadi intinya untuk mengatasi badan pegal adalah dengan memberi waktu bagi tubuh Anda untuk beristirahat. Otot otomatis menjadi lebih rileks ketika dibuat istirahat; tidurlah sehari 8 jam supaya terasa manfaatnya.

4. Menghindari Bawaan Barang Terlalu Banyak

Ketika badan sedang pegal, sebaiknya Anda tidaklah membawa barang terlalu banyak, apalagi menopang barang tersebut hanya oleh satu bagian tubuh. Hal ini justru bisa menjadi faktor yang memperburuk kondisi pegal di badan. Pastikan bahwa Anda membuat badan sendiri menjadi lebih rileks dan nyaman.

5. Menggunakan Cuka Sari Apel

Selain cara-cara di atas, penting juga untuk coba menggunakan bahan alami untuk meredakan rasa pegal tersebut. Cuka sari apel bisa Anda gunakan dengan cara menambahkan 2 cangkir banyaknya ke air mandi Anda yang hangat. Berendamlah di sana selama 20 menit lamanya dan lakukan setiap hari.

Bila ingin cara alternatifnya, Anda juga bisa menambahkan sesendok makan cuka sari apel organik ke segelas air putih hangat. Campurkan dan jangan lupa tambahkan juga madu secukupnya sebelum kemudian bisa mengonsumsinya. Konsumsi bisa dilakukan setiap hari dan dalam 1 minggu biasanya sudah bisa dirasakan khasiatnya.

6. Terapi Dingin

Dalam menjadikan badan pegal menjadi terasa lebih baik, Anda bisa coba untuk mengaplikasikan segenggam kotak es batu yang sudah dibungkus dengan handuk tipis bersih. Kompreskan langsung di area badan yang terasa pegal-pegal dan lakukan selama 15 menit lamanya. Bila memang rasa pegal terasa begitu mengganggu, cobalah melakukannya beberapa jam sekali dalam 1 hari.

7. Berendam Air Hangat

Bila sebelumnya Anda dianjurkan berendam di air cuka apel hangat, kali ini Anda bisa melakukannya secara lebih sederhana dengan air hangat saja. Atau bila ingin, tambahkan garam Epsom secukupnya ke dalam air mandi hangat Anda dan berendamlah di sana 20 menit. Melakukannya 2 kali dalam sehari akan menyembuhkan lebih cepat.

8. Memanfaatkan Daun Rosemary

Tak banyak yang tahu kalau daun rosemary memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk juga sebagai obat badan pegal. Ketika otot terasa sakit, daun rosemary mampu membantu Anda untuk mengurangi risiko peradangan karena di dalamnya terkandung anti-peradangan sehingga mampu membuat penyembuhan lebih cepat.

Dalam menggunakannya, Anda bisa coba merebus daun rosemary secukupnya dan pastikan Anda tunggu sampai mendidih sebelum kemudian air rebusannya bisa digunakan. Bukan untuk diminum, tapi air rebusan daun rosemary perlu digunakan untuk membilas area badan yang terasa pegal. Tunggu hangat barulah Anda bisa memakainya untuk membilas.

9. Menggunakan Pisang

Badan pegal-pegal juga tak perlu bingung dari sekarang karena ada buah pisang yang juga bisa menjadi penyelamat Anda. Makanan yang mengandung kalium tinggi ini bisa Anda konsumsi secara rutin setiap harinya hingga otot tubuh terasa lebih baik. Sampai rasa pegal hilang, Anda bisa terus mengonsumsi buah pisang, tapi jangan berlebihan.

Yang paling dianjurkan dalam mengonsumsi buah pisang adalah lebih baik sehari 2-3 buah dan bahkan untuk ke depannya juga tetap bisa mengonsumsi agar badan pegal bisa diantisipasi. Pegal karena kram otot biasanya adalah yang paling umum, jadi asupan kalium di dalam tubuh perlu ditingkatkan. Dijamin otot tidak lagi tegang setelahnya.

10. Minum Susu

Badan pegal juga bisa diatasi dengan mengonsumsi susu karena susu merupakan sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi. Setiap hari Anda bisa minum 2-3 gelas susu supaya kebutuhan kalsium tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Ketika kalsium terpenuhi, rasa sakit dan pegal-pegal di badan bisa disembuhkan dan dapat dicegah.

11. Memakai Akar Pepaya Gantung

Pegal-pegal di badan bukanlah masalah juga kalau Anda bisa memperoleh akar pepaya gantung dengan mudah. Akar pepaya gantung ini bisa Anda ambil beberapa saja dan dicuci lebih dulu. Barulah setelah itu potong-potong untuk lanjut direbus di dalam air sebanyak 4 gelas (1000 ml). Didihkan sampai sisanya 3 gelas dan tambahkan gula aren supaya lebih nikmat.

12. Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh bisa juga digunakan untuk mengatasi otot badan yang pegal-pegal tanpa susah-payah meramunya. Cukup sediakan saja minyak cengkeh dan ambil secukupnya untuk dioles ke bagian yang terasa sakit dan nyeri. Namun, sebelumnya harus dihangatkan dulu minyak tersebut, lalu pakai ketika setelah agak dingin.

13. Memakai Kulit Manggis

Selain baik untuk kesehatan kulit, kulit manggis bisa juga mengatasi badan pegal dan ini semua berkat adanya sifat antioksidan di dalamnya. Berbagai vitamin pun juga ditawarkan oleh kulit manggis bagi tubuh kita. Vitamin-vitamin tersebut sangat baik dalam mempercepat kesembuhan badan pegal.

Untuk penggunaannya, Anda cukup memotong kulit manggis secara kecil-kecil, dan kemudian kulit manggis bisa dijemur hingga bagian-bagiannya kering semua. Sesudah kering, Anda bisa jadikan bubuk dengan menghancurkannya dan menghaluskannya. Bubuk kulit manggis ini kemudian bisa diseduh menggunakan air panas, barulah dikonsumsi secara rutin.

14. Menggunakan Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini sangat wajib untuk banyak masakan karena gunanya sebagai penyedap. Meski efek samping bawang putih sempat mengkhawatirkan, namun manfaat yang ditawarkan lebih banyak dan akan aman jika dikonsumsi dengan benar. Beragam penyakit mampu disembuhkan hanya dengan konsumsi bawang putih rutin, termasuk badan pegal.

Di dalam bawang putih ada kandungan zat antiradang dan antibiotik yang mampu menjadi penghilang rasa sakit dan pegal pada badan. Daging bawang putih inilah yang Anda bisa manfaatkan dengan mengoleskannya langsung ke area badan yang rasanya sakit serta pegal. Memang panas, tapi efeknya luar biasa dan mampu membebaskan Anda dari rasa pegal secara alami.

15. Menggunakan Jahe

Kandungan anti-inflamasi di dalam rempah satu ini termasuk tinggi terlepas adanya efek samping jahe sehingga akan mampu meningkatkan aliran darah dan meredakan rasa pegal pada otot badan. Anda cukup minum teh jahe setiap harinya 3 cangkir yang juga sudah ditambahkan dengan madu murni. Mengonsumsinya teratur akan membantu tubuh senantiasa segar dan bugar.

16. Memakai Kunyit

Sama seperti jahe, rempah ini pun berguna di kala badan pegal-pegal. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit 1 sendok teh ke dalam secangkir susu. Panaskan ramuan ini dengan api kecil dan setelah itu minumlah paling tidak sehari 2 kali. Konsumsi rutin akan mengatasi pegal secara lebih cepat dan efektif.

17. Menggunakan Cabai Rawit

Di dalam cabai rawit ada kandungan anti-inflamasi berikut analgesik yang siap untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal pada otot badan Anda. Supaya badan tak pegal dan kaku lagi, cobalah untuk mencampurkan bubuk cabai 1 sendok teh dengan minyak zaitun 2 sendok makan. Aplikasikan ramuan ini pada bagian tubuh yang pegal lalu balut dengan kain perban semalaman; dalam 2-3 hari akan terasa khasiatnya.

18. Memakai Minyak Mustard

Satu lagi cara mengatasi badan yang sedang pegal-pegal secara alami dan efektif, yakni dengan menggunakan minyak mustard. Anda bisa mencincang 10 siung bawang putih lebih dulu dan kemudian dipanaskan bersama 4 sendok makan minyak mustard; tunggu hingga bawang putih tersebut warnanya berubah agak keemasan.

Setelah itu bisa Anda tambahkan dengan kamper (ini opsional) lalu ramuan bisa Anda tunggu dingin sebelum disaring. Ketika sudah jadi, pakailah dengan cara mengoleskan dan memijatkannya ke area badan yang pegal. Selama beberapa hari Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali sehari supaya hasilnya lebih maksimal.

Jadi saat badan terasa tak nyaman dan pegal-pegal, jangan ragu untuk mencoba cara-cara mengatasi badan pegal terampuh di atas. Yang alami selalu lebih aman dan biasanya juga lebih berkhasiat, jadi tak ada salahnya mencobanya supaya Anda bisa kembali berutinitas dengan lebih segar.

Lagi Ngtrend

Informasikan kabar baik ini kepada mereka yang lebih membutuhkan, klik dibawah ini