Informasikan kabar baik ini kepada mereka yang lebih membutuhkan, klik dibawah ini

Efek Samping Menjalankan Diet yang Ekstrem

Tidak ada salahnya jika Anda menjalankan diet, tapi ingat lakukanlah diet sehat yang akan memberi manfaat bagi tubuh bukan yang memberi efek samping terhadap tubuh Anda.

Kebanyakan orang mengakui kalau ingin menurunkan berat badan mereka terkadang menjalankan diet yang ekstrem sehingga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Efek Samping Menjalankan Diet yang Ekstrem


Sudah tahukah Anda apasaja bahaya yang di dapat ketika diet berlebihan? Berikut penjelasannya:

Mengakibatkan Dehidrasi

Asupan air dalam tubuh sangat dibutuhkan karena ketika mengurangi jumlah asupan kalori dan karbohidrat dalam tubuh akan berdampak pada glikogen yang merupakan karbohidrat yang tersimpan di hati dan otot sebagai sumber energi cadangan karena sifatnya yang larut dalam air.

Semakin banyak Anda mengonsumsi air selama beraktivitas, semakin banyak glikogen dalam hati akan diurai kembali sebagai glukosa untuk kemudian larut dalam darah. Inilah cara tubuh memproduksi energi sekalipun tidak mendapatkan sumber energi yang mencukupi.

Jadi, ketika Anda tidak mengkonsumsi cukup air glikogen tidak dapat menjalankan fungsi tubuh secara normal.

Tubuh Sering Mengalami Kelelahan

Ketika Anda memotong jumlah kalori, tubuh akan memiliki lebih sedikit makanan yang diubah menjadi energi. Selain itu kadar gula dalam darah akan menurun yang menyebabkan kelelahan, lekas marah dan mengidam makanan.

Metabolisme Melambat

Ketika tubuh mengalami defisit kalori dan tingkat energi menurun, metabolisme secara alami akan melambat untuk menghemat energi. Ini dapat memperlambat penurunan berat badan dan menyebabkan hilangnya kontraksi otot. Tubuh akan menghemat timbunan lemak sehingga terjadi pemborosan terhadap otot.

Perubahan Pada Pencernaan

Pencernaan yang tepat membutuhkan cukup serat dan air, yang diperoleh tubuh dari berbagai makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Ketika Anda membatasi kalori dan kelompok makanan, dapat menyebabkan pencernaan melambat, sembelit dan bahkan kembung. Selain itu juga dapat mempengaruhi fungsi kandung empedu akibat penurunan kalori dan kadar kolesterol sehingga terjadi pembentukan batu empedu.

Fungsi Otak Menurun

Asupan gizi yang tidak cukup dapat menurunkan masalah memori atau konsentrasi pada otak. Otak akan berfungsi dengan baik apabila mendapat cukup nutrisi yang dibutuhkan, sehingga sangat penting memperbanyak asupan lemak omega 3 di setiap makanan.

Malnutrisi

Mungkin Anda berfikir dengan menghindari karbohidrat dapat membantu menurunkan berat badan pada awalnya. Padahal hal tersebut akan menyebabkan Anda kekurangan gizi dalam jangka panjang. Tubuh membutuhkan gizi yang cukup untuk menjalankan fungsinya.

Lagi Ngtrend

Informasikan kabar baik ini kepada mereka yang lebih membutuhkan, klik dibawah ini