Informasikan kabar baik ini kepada mereka yang lebih membutuhkan, klik dibawah ini

√ Mengapa Wanita Punya Lebih Banyak Lemak Ketimbang Pria?

Wanita punya banyak lemak ketimbang pria, apakah benar? Jika diperhatikan, memang rata-rata wanita sangat mudah berat badannya naik dan mudah gemuk dari pada pria. Bahkan walaupun seorang wanita yang selalu berolahraga dan mempunyai berat badan yang ideal, bisa tetap mempunyai lemak yang cenderung lebih banyak. Mengapa wanita punya banyak lemak?

Wanita punya banyak lemak akibat komposisi tubuh yang berbeda dengan pria

Wanita dan pria memang pada dasarnya memiliki komposisi tubuh yang berbeda dan lemak pada wanita lebih banyak jumlahnya. Pada wanita normal, jumlah lemak tubuhnya sekitar 20-25% dari total berat badannya. Sedangkan tubuh pria hanya mengandung rata-rata 10-15% lemak.

Mengapa Wanita Punya Lebih Banyak Lemak Ketimbang Pria


Tak hanya komposisi yang berbeda, masing-masing kelompok juga mempunyai cara masing-masing untuk memetabolisme lemak. Perbedaan metabolisme ini salah satunya diakibatkan oleh hormon reproduksi masing-masing kelompok. Hormon estrogen yang dimiliki wanita mempengaruhi bagaimana mereka menyimpan lemak di dalam tubuhnya. Sementara hormon testoteron yang dimiliki pria, membuat mereka menyimpan lemak lebih sedikit dibandingkan dengan wanita.

Bukan itu saja, lemak yang ada di dalam tubuh wanita juga lebih susah untuk dihilangkan ketimbang pria. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang berasal dari University of Missouri yang melakukan penelitian pada wanita dan pria yang mengidap diabetes tipe 2 membenarkan pernyataan tersebut. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita dapat mencapai kadar lemak yang sama seperti pria, jika mereka melakukan olaharaga 20% lebih keras dan lama dari pada pria. Dan lagi-lagi hal ini disebabkan oleh hormon yang dimiliki masing-masing kelompok.

Bisa dibilang, hormon testoteron yang ada di dalam tubuh pria memang ‘diatur’ agar cepat melepaskan lemak, dan sebaliknya pada wanita yang memiliki hormon estrogen serta progresteron

Kelebihan lemak ini akan menjadi cadangan energi wanita

Jangan iri dengan lemak pria yang lebih sedikit dari Anda. Lemak di dalam tubuh Anda sebenarnya memang dipersiapkan untuk digunakan suatu saat nanti. Ya, justru wanita harus memiliki banyak lemak karena saat memasuki masa kehamilan, persalinan, dan menyusui, lemak-lemak tersebut akan terpakai. Semua lemak yang berada di tubuh Anda, khususnya bagian bawah, akan berfungsi sebagai cadangan energi ketika Anda melahirkan dan menyusui. Melahirkan dan menyusui adalah masa-masa yang melelahkan bagi seorang ibu.

Ibu harus mengonsumsi makanan yang penuh energi dan berbagai zat gizi untuk menunjang kesehatannya dan bayinya. Cadangan lemak akan mencegah ibu mengalami kekurangan energi saat persalinan hingga menyusui. Bahkan semakin dekat waktu persalinan dan menyusui, maka hormon reproduksi ibu akan berubah untuk mempersiapkan kedatangan bayi.

Salah satu perubahan yang dilakukan adalah dengan menyimpan lemak lebih banyak dari sebelumnya, agar tetap ada cadangan energi. Jadi, jangan berpikiran buruk dahulu jika Anda memiliki banyak lemak di dalam tubuh, karena lemak adalah zat gizi yang Anda perlukan.

Lagi Ngtrend

Informasikan kabar baik ini kepada mereka yang lebih membutuhkan, klik dibawah ini